(0291) 291 2998 kudus@syakirawisata.com

Beberapa trik yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan tiket pesawat penerbangan umroh dan tiket promo untuk umroh murah ala Backpacker. Adapun yang perlu diketahui adalah bahwa tiket promo sifatnya tidak pasti. Jadi, jangan bosan-bosan mencari promo. Sengaja di artikel ini hanya dijelaskan mengenai tiket penerbangan umroh murah menuju Tanah Suci daripada perjalanan darat atau perjalanan laut.

Cara Mudah Mendapatkan Tiket Umroh Murah Ala Backpacker

 

a. Rajin Mencari Tiket Promo via Online.

Kenapa tiket pesawat murah banyak dijual secara online? Sebab, harganya lebih miring daripada tiket normal yang dijual melalui biro-biro perjalanan. Kenapa itu terjadi? Karena “maskapai online” begitu banyak orang menyebutnya melakukan berbagai cara untuk menekan biaya. Terkadang, mereka hanya menjual sedikit di atas seharga pajak dan bahan bakarnya saja. Karena itu, biasanya tiket promo tidak termasuk bagasi, makan, atau boarding pass.

Perusahaan penerbangan tidak mengeluarkan tiket umroh murah seperti jika kita membeli pada maskapai biasa. Adapun yang seperti jika kita membeli pada maskapai biasa. Adapun yang diberikan sebagai bukti pembayaran adalah tanda terima yang bisa kita cetak dengan printer sendiri saat kita melakukan transaksi. Dan, tiket yang sudah dibeli apabila tidak digunakan sesuai tanggal keberangkatan

Untuk pencarian online rute Asean, anda bisa mengginakan website online travel agent. Online travel agent adalah sebuah situs yang didedikasikan untuk membantu konsumen maskapai penerbangan di Indonesia dan kawasan lainnya. Istimewanya lagi, Online travel agent menampilkan harga tiket dari maskapai berbiaya rendah asal Asia Tenggara, seperti AirAsia, Jetstar, Lion Air,Scoot bahkan jika beruntung Anda akan mendapatkan tiket promo maskapai flag-carrier sekelas Garuda Indonesia, Emirates, Etihad dan Saudi Arabian.

Cara menggunakan layanan online travel agent sangat gampang. Situsnya memiliki tampilan dalam bahasa indonesia, sehingga tidak akan membuat kening berkerut bagi anda yang belum terbiasa dengan situs berbahasa Inggris. Tinggal klik lalu pilih lokasi keberangkatan, tentukan lokasi tujuan, dan tanggal keberangkatan. Caranya persis sama ketika anda hendak memesan tiket pesawat di situs reservasi online perusahaan maskapai penerbangan.

Namun, terdapat perbedaan yang mencolok antara situs reservasi perusahaan maskapai penerbangan dengan Online travel agent. Situs reservasi milik maskapai penerbangan hanya menampilkan penerbangan mereka saja. Jadi, kita tidak bisa membandingkan harga dan kita juga tidak tahu bahwa harga tersebut sudah paling murah. Online travel agent memberikan informasi yang lebih lengkap. Harga yang ditampilkan merupakan kompilasi dari beberapa maskapai penerbangan yang memiliki rute yang sama. Jadi, kita bisa memilih harga yang paling murah.

Selain menampilkan informasi harga, disertakan pula informasi penting lainnya seperti berat bagasi yang bisa dibawa penumpang, durasi penerbangan, waktu kebernagkatan, bahkan ada saran rute alternatif sehingga kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah lagi. Pokoknya, dijamin komplet! Jadi, kenapa harus buang-buang waktu dengan membuka semua situs reservasi online jika informasi yang sama bisa kita dapatkan hanya dengan satu kali klik melalui Online travel agent.

b. Booking Penerbangan Mulai Pukul 00:00-08:00

bagi penumpang yang biasa melakukan perjalanan harus membooking penerbangan sebelum membeli tiket pesawat. Booking memiliki batas waktu yang mengharuskan calon jamaah umroh untuk mengambil atau tidak tiket yang sudah di-booking tersebut.

Jika booking tersebut tidak diambil maka secara otomatis akan kembali terbuka untuk diambil penumpang lainnya. Artinya, harga yang lebih murah yang sudah tertutup akan kembali terbuka, dan biasanya batas waktu booking adalah pada tengah malam sampai dini hari.

Burburu Tiket Umroh Murah Garuda

Dan, pada masa-masa itu, tidak banyak travel agent atau calon penumpang yang melakukan pembelian atau issued tiket. Jadi, bersiaplah begadang atau bangun lebih awal untuk mendapatkan tiket umroh termurah. Selain itu, sebagai tambahan, hindari peak season atau umusim puncak liburan seperti umroh desember hingga januari atau umroh Ramadhan, sebab harga tiket pesawat pasti mahal.

c. Pilih Penerbangan Low Cost Airline

setelah kita tahu dan memutusakn penerbangan akan dimulai darimana, maka langkah selanjutnya adalah memilih maskapai yang low cost carrier seperti Air Asia, Lion Air, Scoot dan sebagainya. Walaupun jarak jakarta Jeddah 9 kali lebih jauh dibanding Jakarta – Surabaya, tapi kita masih bisa menggunakan low cost airline. Tetapi, kita harus transit dan sambung-menyambung. Nah, yang menjadi pertanyaan kita adalah hendak menyambung dimana?

Kalau kita melihat peta dunia, ternyata pas di tengah-tengah rute jakarta-Jeddah, kita melewati negeri besar yang namanya India. Ada juga buget airline yang berbasis di Singapura dan Kuala Lumpur pemilik destinasi India, seperti Air Asia, Tiger Air, dan Scoot, Silk Air. Hebatnya lagi, airline itu mempunyai tujuan ke kota-kota Indonesia. Jadi, kita tidak perlu terlalu banyak ganti airline untuk sampai di India, cukup satu tiket untu sampai ke sana. Setelah sampai di India , banyak low cost carrier asal Timur Tengah yang bisa kita tumpangi, seperti Fly Dubai,Air Arabia, Nas Air,Airways dan lain-lain, yang harganya lebih murah.

Hanya saja kekurangan sambung-menyambung ini menimbulkan kerepotan sendiri, terutama ketika flight-nya tidak langsung. Maka, kita harus lebih dari 2 kali transit dengan masa transit 3-17 jam. Padahal dengan 2 kali transit sangat rawan dengan penolakan visa umroh. Prinsip penerbangan, rute yang lebih jauh terkadang murah. Jika ada yang bertanya, berapa yang bisa kita hemat dengan perjuangan itu? Jawabannya adalah antara $200-300, sekitar Rp2-3 juta.

Dari berbagai pengalaman teman – teman yang pernah melaksanakan umroh backpacker, maskapai yang paling murah jika anda memutusakn berangkat dari Singapura, Kuala Lumpur atau India. Tiket termurah yang bisa dibeli untuk paket umrah pada 2016 Cuma Rp 5,9 juta pulang-pergi. Bandingkan dengan tiket yang biasa dipakai travel haji-umrah lainnya, yang berada di kisaran $900-1200 atau sekitar 10-14 jutaan rupiah. Namun tiket umroh super promo ini jumlahnya memang sangat terbatas

Selamat Berburu Tiket Umroh Murah Ala Backpacker