(0291) 291 2998 kudus@syakirawisata.com

Banyak orang yang masih belum menyadari betapa penting dan berharganya sebuah pembelajaran dari sebuah sejarah. Banyak sekali hikmah yang bisa diambil jika memang ingin mempelajarinya. Contohnya semua orang yang beribadah umroh ke Mekah belum tentu tahu mengapa harus thawaf, bagaimana sejarah sa’i, dan lainnya. 

Ibadah ke tanah suci memang penting, terlebih jika mengetahui sejarah tempat yang akan dituju. Tentu nya ibadah umroh bukan hanya sekedar jalan – jalan, atau sekedar memenuhi gaya hidup semata. Namun lebih jauh dari itu, ibadah umroh adalah upya seorang hamba untuk lebih mendekatkan diri, memohon Ridha dan Ampunan  Rabb-nya.

Dengan keterbatasan kami, Melalui artikel berikut akan dijelaskan mengenai sejarah thawaf mengelilingi Ka’bah yang Insya Allah dapat membantu ibadah umroh Anda lebih khusyu’. Thawaf secara bahasa berarti mengelilingi ka’bah sebanyak 7 (tujuh) kali putaran. Jika dimungkinkan 3 (tiga) putaran pertama dengan berlari kecil. Sedangkan 4 (empat) putaran berikutnya dengan berjalan biasa.

Hitungan Thawaf selalu diawali dan juga diakhiri di Hajar Aswad.  Selalu menjadikan Ka’bah  ada di sebelah kiri, itulah kunci dari sebuah thawaf. Jadi jangan coba – coba selfie dengan menjadikan ka’bah sebagai latar belakang saat thawaf. Itu berarti hitungan thawaf anda batal, dan harus mengulang hitungan thawaf yang batal tersebut, bukan hitungan dari awal.

Berdasarkan pada firman Allah SWT pada surah Al-Baqarah ayat 30, para ahli tafsir menjelaskan bahwa malaikat merasa cemas jika Allah menciptakan manusia, mereka khawatir jika manusia hanya bisa membuat kerusakan dan pertumpahan darah saja. Namun karena takut akan murka Allah, para malaikat tidak bertanya lagi dan segera memohon ampun.

Karena Arasy Allah SWT yang terlalu besar dan luas, maka dengan segala kekuasaan-Nya, Allah menciptakan Baitul Makmur yang lebih kecil sebagai simbol dari arasy, sehingga para malaikat melakukan thawaf setiap hari mengelilingi Baitul Makmur tersebut. Para malaikat mengerjakan thawaf silih berganti siang dan malam sehingga tidak kurang dari 7000 malaikat yang mengelilingi Baitul Makmur setiap harinya.

Bahkan menurut beberapa riwayat, ada di antara malaikat yang hanya berkesempatan thawaf sekali saja. Hal ini karena keterbatasan daya tampung Baitul Makmur yang dibangun oleh  Allah SWT ini telah dipenuhi oleh para malaikat, dan konon tidak dapat lagi mengelilingi nya karena sesaknya Baitul Makmur.

Untuk malaikat yang bertugas di Bumi, Allah telah memerintahkan untuk membuat bangunan yang mirip dengan Baitul Makmur yang mana fungsinya juga sama, yakni untuk thawaf para manusia di bumi.  Maka dengan sifat Rahman dan Rahim  Allah SWT memberi perintah  kepada malaikat untuk membangun bangunan  Ka’bah yang ada di bumi.

Setelah ribuan tahun sejak Ka’bah dibina oleh malaikat, akhirnya Allah memerintahkan Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail untuk memakmurkan Mekkah sebagai pusat ibadah umat muslim yang ada di dunia. Dan akhirnya hingga sekarang dikenal dengan ibadah thawaf saat haji dan umroh. Sumber : kitab Akhbar Makkah Muhammad Al Arzaqi (1988: 32)

 

Sebagai sekedar tambahan informasi, jika berbiacara mengenai umroh, banyaknya kebutuhan masyarakat yang tidak sama, membuat penyedia jasa biro perjalanan umroh murah membuat paket umroh yang bervariasi. Adanya paket tersebut akan memudahkan setiap calon jamaah yang akan menuju tanah suci untuk memilih harga, fasilitas seputar umroh, dan apapun yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka. Maka dari itu muncullah banyak paket umroh yang disediakan oleh biro perjalanan umroh di kabupaten Kudus, Jepara, Pati dan sekitarnya.

Kemudian ketika Anda memilih untuk melakukan ibadah umroh di musim panas (sekitar bulan Maret hingga Mei) hingga mencapai puncaknya yaitu saat musim umroh ramadhan, pastikan terlebih dahulu bahwa kondisi tubuh Anda memang sedang fit. Karena pada bulan tersebut cuaca di Arab Saudi sedang panas-panasnya.

Pakailah hanya pakaian yang berwarna putih, hindari es agar tak terserang radang tenggorokan, termasuk air zam – zam. Minumlah air zam – zam yang tidak dingin (Not Cold), lalu jangan lupa untuk mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, tambah dengan suplemen atau vitamin C jika memang dibutuhkan.