(0291) 291 2998 kudus@syakirawisata.com

Jika kita biasa berkeliling di Eropa, setidaknya terdapat beberapa Kota yang sudah menyediakan Bus Tinggkat sebagai sarana menikmati citi tour. Keberadaan Bus tersebut kinipun tersedia di Kota Suci Madinah.

Kali ini pemerintah provinsi Madinah berkolaborasi dengan City Sightseeing membentuk synergi pelayanan paripurna yang dapat digunakan secara oleh jamaah haji dan umroh. Baru – baru ini bus tingkat pariwisata beroperasi di Kota Madinah. Keberadaan bus tingkat Madinah kini menjadi sensasi city tour di Kota Nabi.

bus tingkat madinah

Kota yang mendapat julukan sebagai Kota Rasulullah ini sekarang memiliki bus tingkat yang dapat membawa peziarah, pelancong dan tak ketinggalan semua jamaah haji dan umroh berkeliling menikmati sensasi sejarah di tempat bersejarah yang menjadi pusat pendidikan dan pengenalan sejarah perkembangan Islam sekaligus sebagai ikon Kota Madinah.

Warna bus diciptakan sangat “eye catching”, perpaduan warna merah dan kuning. Pertama kali menyaksikan penampakan bus ini, team syakira wisata menyaksikan bahwa desain nya serupa dengan bus tingkat wisata di kota – kota besar di Eropa.

Momentum untuk mencoba bus tingkat ini pun datang. Kami Menjajal bus yang baru diluncurkan bulan Juni 2017. Bus ini sesuai untuk jamaah umroh yang ingi menikmati pemandangan kota tanpa terikat jadwal travel agent. Jika dahulu mereka mesti mencarter kendaraan coaster dan mesti beralih dari satu kendaraan sewa ke kendaraan sewa yang lain, kali ini pekerjaan tersebut tak butuh dilakukan.

bus tingkat madinah umroh murah kudus

Siang tersebut iklim dan cuaca terasa amat  paling menyengat. Di temperatur digital di dalam bus tingkat Madinah mengindikasikan angka 45 derajat Celsius. Namun dengan tekad bulat guna berbagi pengalaman untuk calon jamaah umroh dan haji eksklusif syakira wisata, kami juga pantang mudur. Cuaca yang cukup panas menciptakan bus ini hampir sepi penumpang, meskipun baru saja di luncurkan.

Saat kami menaikinya Cuma ada lima orang penumpang di lantai  bawah, mereka berasal dari Turki. Dan lima penumpang, (dua diantara kami) di lantai  atas bus. Kami naik bus dari shelter pemberhentian kesatu yang terletak di dekat menara jam dekat pintu utama Masjid Nabawi.

Seperti lazimnya layanan bus tingkat wisata di Jakarta dan Semarang, Di sini juga ada pos dan halte guna pembelian tiket. Petugas dengan ramah akan melayani pengunjung. Sebagian besar menggunakan bahasa Arab, namun mereka pun sesekali dapat memakai bahasa Indonesia, walaupun pasti saja dengan dialek arab. “Indonesi baguusss…” Begitu  celetukan si pelayan tiket

Kami duduk di lantai dua, meskipun panas kami memilih duduk di unsur bus  yang terbuka. Walau sesudah merasakan kepanasan, kami pun beralih dan memilih duduk di unsur bus ruang yang tertutup dan mempunyai sistem pendingin udara.

halte bus tingkat madinah royal andalus

Sebelum bus berjalan sejumlah petugas menyerahkan headset guna masing – masing penumpang. Lagi lagi warna headset diciptakan senada dengan warna bus, yakni kombinasi merah dan pink. Headset ini pasti saja bukan guna mendengar musik beat, tetapi lebih pada upaya  semua penumpang dapat memperhatikan dengan baik keterangan singkat tentang tempat – tempat yang nantinya bakal disinggahi.

Anda tak dapat bahasa Arab? Tak perlu cemas Layanan ini ada terjemahan dalam delapan bahasa, yakni bahasa Indonesia, Prancis, Inggris, Arab, Urdu, Turki, Iran dan Melayu. Headset ini lantas di tancapkan yang ada di masing-masing baris tempat tempat duduk.

Perlahan tetapi pasti Bus juga melaju. Dan sebab ini memang bus pariwisata yang tidak sedang memburu setoran, maka bus melaju dengan halus dan perlahan. Ada 10 tujuan ziarah dan city tour, yakni Masjid Nabawi, Makam Baqi, Al Manakh Square dan Al Salam Gate. Kemudian, perjalanan dilanjutkan mengarah ke jabal uhud, Al Noor Mall, Masjid Qiblatain, Lokasi Perang Khandaq atau perang Parit, Masjid Quba, dan Stasiun Kereta Hijaz.

bus tingkat madinah headset 8 bahasa

Anda jamaah umroh dan Ingin turun dan menyambangi di antara destinasi? Di masjid Quba contohnya, jamaah yang telah berwudhu dari hotel dan hendak turun di masjid menunaikan sholat disana tinggal  turun saja. Lakukan shalat paling tidak du’a rakaat, supaya Anda menemukan pahala setara pahala umroh. (Baca : Masjid Quba)

Selesai sholat dan beribadah di masjid Quba, pengunjung dapat mengarah ke halte bus tingkat madinah yang tersedia. Tunggu bus berikutnya untuk melanjutkan perjalanan. Simple khan? Ya, bus ini menggunakan sistem hp on-hop off. Artinya, pengunjung bisa turun-naik di lokasi yang dilewati. Namun tidak boleh lupa simpan tiket Anda, sebab petugas di shelter berikutnya bakal menanyakan tiket Anda.

Apabila kita tidak berniat turun atau dengan kata lain melihat tempat bersejarah tampak luar dari dalam bus saja, total durasi perjalanan dari shelter kesatu dan pulang lagi ke shelter bus tingkat madinah sekitar 55 menit waktu yang dibutuhkan. Ada 3 opsi paket perjalanan bus tingkat ini. Yakni opsi tiket paket yang berlaku sekitar  24 jam, 48 jam dan 72 jam.

harga tiket bus tingkat madinah

Soal ongkos bergantung dari paket yang diambil. Sebagai misal untuk paket dengan masa valid tiket sekitar 24 jam, satu orang dewasa dikenakan biaya 80 riyal, anak umur 5  sampai 12 tahun dan pelajar dikenakan biaya separuhnya, atau 40 riyal, Sedngkan untuk mereka yang beromongan keluarga dengan 4 anggota family (dua dewasa dan dua anak hingga 12 tahun) harga tiket dibanderol 200 riyal.

Sedangkan harga tiket Paket perjalanan yang valid sampai  48 jam semenjak pemberlian dibandrol dewasa 120 riyal, anak-anak dan pelajar 60 riyal dan satu family atau satu keluarga yang terdiri dari 4 orang di patok sebesar 300 riyal. Tiket yang valid 72 jam dapat kantongi  dengan uang 150 riyal (dewasa), anak-anak 80 riyal, dan untuk keluarga 360 riyal.

Pembelian Tiket dapat dilaksanakan secara tunai, kartu debit, maupun kartu kredit berlogo visa, mastercard, maupun Mada.  Pembelian nya dapat dilaksanakan di kios , di mal besar atau di dalam bus. Tiket pun terdapat secara online mapun software Andoid www.city-sightseeing.com.

Ya bus ini adalah karya dari perusahaan Bus City Sightseeing, empunya waralaba bus pariwitasa City Sightseeing Worldwide yang sudah beroperasi di lebih dari 100 tempat di muka bumi. Di Madinah bus ini di gawangi oleh Al Jawlah Tours sebagai operator lokal arab Saudi

Rute Bus Tingkat Madinah

Perjalanan bus tingkat Madinah dilangsungkan setiap hari sepanjang tahun. Perjalanan awal yakni ba’da sholat subuh (jam 07:00 masa-masa setempat) dan bus terakhir berangkat sesudah waktu isya (Pukul 21:00 waktu Saudi). Bus dijadwalkan berangkat setiap setiap 30 menit. Bus tingkat ini juga di desain dengan standart internasional yang ramah terhadap pemakai kursi roda. Layanan free Wi-Fi terdapat secara cuma-Cuma.

Jika Anda berkesempatan menyambangi Kota Suci Madinah Al Munawwarah dalam rangkaian ibadah haji maupun umroh. Atau bagi mereka jamaah umroh backpacker atau umroh tanpa travel tak Ada ruginya menaiki bus ala wisata di Eropa ini. Dengan adanya fasilitas ini kita bisa Menikmati Sensasi Bus Tingkat ala Eropa di Kota Suci Madinah