(0291) 291 2998 kudus@syakirawisata.com

Melaksanakan ibadah umroh kini menjadi alternatif di tengah sistem kuota yang menjadikan antrean menunaikan ibadah haji menjadi cukup lama. Meskipun keistimewaan nya tidak seperti beribadah haji, namun lantas menjadikan ibadah umroh bukan sebagai pilihan.  Hal ini menjadikan paket umroh murah Kudus banyak diminati masyarakat di Kabupaten Kudus yang ingin menunaikan ibadah umroh.

Salah satu Promo umroh murah Kudus Syakira Wisata merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang berdomisili di Kabupaten Kudus dan sekitarnya. Sebagai travel umroh yang telah berpengalaman, Syakira Wisata melayani jamaah haji khusus dan umroh dengan harga murah. Selain terbebas dari biaya – biaya promo umroh tersembunyi, beberapa tempat bersejarah juga masuk dalam daftar kunjungan dalam perjalanan paket umroh murah kudus.

9 Tempat Bersejarah yang Dikunjungi dari Paket Umroh Murah Kudus antara lain :

  1. Tempat Kelahiran Rasulullah SAW

Di sebelah timur Masjidil Haram, tepatnya sebelah timur area sa’I atau lebih dekat lagi dengan toilet umum, ada sebuah bangunan. Bangunan ini adalah Maktabah Mekah Al Mukarromah (Perpustakaan Mekah Al Mukarromah). Perpustakaan ini dibangun tepat di bekas rumah tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW. Sehingga jamaah umroh murah kudus dalam melihat bekas rumah kelahiran Rasulullah yang kini telah berubah fungsi sebagai perpustakaan umum (maktabah)

2. Pemakaman Ma’la

Pemakaman Ma’la yang terletak dalam lingkungan satu kilometer dari arah utara Masjidil Haram yang keseluruhannya menghadap ke arh Ka’bah. Di sini dimakamkan jasad Sayidatina Khadijah ra, istri Rasulullah SAW, para sahabat dan ulama besar. Di pemakaman ini juga digunakan untuk jamaah haji yang wafat di tanah suci.

3. Gua Hira

Gua Hira adalah tempat Nabi Muhammad SAW menerima Wahyu dari Allah yang pertama kalinya melalui malaikat jibril. Gua tesebut sebagai tempat Nabi Muhammad menyendiri dari masyaraka yang pada saat itu masih belum mengenal Allah.

Gua Hira letaknya pada tebing menanjak yang agak curam walau tidak terlalu tinggi. Oleh karena itu, untuk menuju gua itu setiap orang harus memiliki fisik yang kuat.

4. Jabal Tsur dan Gua Tsur

Jabal Tsurterletak di sebelah selatan kota Mekah al Mukarramah, 4 km dari Masjidil Haram. Nama Tsur tersebut merupakan bentuk penisbatan kepada Tsur Abdul Manat, karena ia tinggal di sana. Dalam riwayat lain dikatakan bahwa alasannya adalah karena bentuknya seperti sapi jantan yang dipakai untuk membajak.

Di puncak bukit terdapat Gua Tsur yaitu gua yang dipakai oleh Rasulullah SAW dan Abu Bakar As Siddiq ra untuk bersembunyi selama 3 hari ketika hijrah ke Madinah al- Munawwarah. Gua tersebut memiliki pintu dari depan dan belakang dan luasnya diperkirakan sebesar 2 m² .

5. Arafah

Arafah merupakan tempat yang sangat penting pada ibadah haji, di mana di Arafah ini jemaah haji harus melakukan wukuf. Wukuf merupakan rukun haji dan tanpa melakukan wukuf di Arafah maka hajinya tidak sah.

Keadaan di Arafah ini merupakan replika di padang Mahsyar saat manusia dibangkitkan Allah SWT pada hari kiamat nanti. Saat itu, semua manusia sama di hadapan Allah SWT, yang membedakan hanyalah kualitas imannya.

Wukuf secara harfiah berarti berdiam diri. Wukuf di Arafah adalah berada di Arafah pada waktu antara tergelincirnya matahari (tengah hari) tanggal 9 Dzulhijah sampai matahari terbenam dengan berpakaian ihrom.

Pada saat wukuf  disarankan untuk memperbanyak doa sambil menghadap kiblat dan mengangkat kedua tangan. Selain itu, memperbanyak taubat memohon ampunan kepada Allah SWT, sebab saat wukuf adalah saat yang utama untuk berdoa, memohon ampun, dan bertaubat.

Adapun keutamaan Arafah adalah sebagaimana sabda rasulullah SAW,”Doa yang paling baik adalah doa di hari Arafah.”

6. Safa dan Marwah

Safa dan Marwah merupakan dua bukit yang terletak dekat dengan Ka’bah. Sejarah Safa-Marwah tidak dapat dipisahkan dengan istri Nabi Ibrahim AS, yaitu Siti Hajar dan putranya Ismail AS. Sewaktu ismail dan ibunya hanya berdua dan kehabisan air untuk minum di lembah pasir dan bukit yang tandus, Siti Hajar pergi mencari air pulang pergi dari bukit Safa ke bukit Marwah sebanyak 7 kali.

Saat kali ketujuh (terakhir), ketika sampai di Marwah, tiba-tiba terdengar oleh Siti Hajar suara mengejutkan, lalu ia menuju kea rah suara itu. Alangkah terkejutnya, bahwa suara itu ialah suara air memancar dari dalam tanah dengan derasnya, air itu adalah air Zam – Zam. Kini dengan fasilitas umroh murah kudus, jamaah umroh Syakira Wisata mendapatkan fasilitas gratis air zam – zam 5 liter untuk dibawa sebagai oleh – oleh bagi keluarga.

7. Muzdalifah

Setelah matahari terbenam (mulai masuk tanggal 10 Dzulhijah), dari Arafah berangkat ke Muzdalifa. Salat Maghrib dan Isya dikerjkan di Muzdalifah dengan cara jama’takhir qashar. Muzdalifah terletak antara Arafah dan Mina. Di muzdalifah ini jemaah haji bermalam (mabit) dan mengambil 70 atau 49 butir batu kecil untuk persiapan lempar jamrah di Mina. Salat Subuh dilaksanakan berjamaah di Muzdalifah.

Setelah salat Subuh, jemaah haji meninggalkan Muzdalifah menuju Mina untuk melempar jamrah. Bagi orang tua dan yang lemah/sakit boleh meninggalkan Muzdalifah pada malam hari setelah lewat tengah malam baru menuju Mina.

8. Mina

Mina menurut lokasi di Tanah Haram Mekah yang didatangi oleh jemaah haji pada tanggal 8 Dzulhijah atau sehari sebelum wukuf di Arofah. Jemaah haji syakira wisata tinggal di sini sehari semalam sehingga dapat melakukan salat Zuhur, Asar, Maghrib, Isya, dan Subuh.

Kemudian setelah salat Subuh tanggal 9 Dzulhijah, jemaah haji berangkat ke Arafah. Amalan seperti ini sesuai tuntunan Rasulullah SAW saat berhaji dan hukumnya sunnah. Artinya tanggal 9 Dzulhijah sebelum ke Arafah, tidak wajib bermalam di Mina.

Jemaah haji datang lagi ke Mina setelah selesai melaksanakan wukuf di Arofah. Jemaah haji ke Mina lagi karena akan melempar jamrah. Di Mina ini, pada malam hari tidur dan pada siang hari melempar jamrah. Yaitu tanggal 10, 11, 12 Dzulhijah bagi jemaah haji yang melaksanakan Nafar Awal atau tanggal 10, 11, 12, 13 Dzulhijah bagi jemaah yang melaksanakan Nafar Tsani.

Pada hari-hari biasa, Mina kosong tidak berpenduduk, walaupun terlihat bangunan permanen. Namun, pada tanggal 10 Dzulhijah dan beberapa hari sebelumnya dipadati para jemaah haji.

9. Jabal Rahmah

Jabal Rahmah (Gunung Kasih Sayang) atau disebut juga Gunung Arafat adalah bukit granit di sebelah timur kota Mekah. Di bukit ini, Nabi Muhammad SAW pernah berdiri dan menyampaikan khotbah perpisahan dengan kaum Muslim yang telah menemaninya selama ibadah haji menjelang akhir hayatnya. Ketinggian bukit ini sekitar 70 meter.

Di bukit ini pula Adam dan Hawa yang sudah terpisah untuk 200 tahun setelah pengusiran mereka dari surga, bertemu, dan berkumpul kembali.