(0291) 291 2998 kudus@syakirawisata.com

Jeddah merupakan salah satu kota besar di Saudi Arabia, keberadaan nya memang sangat strategis terutama di bidang penerbangan umroh dan haji. Jeddah bukanlah kota suci, sekarang Ia bersolek menjadi kota metropolis sekaligus sebagai tempat miqat “tambahan” jamaah umroh dan haji miqat tambahan di luar miqat-miqat yang sudah ditetapkan oleh Rasulullah SAW. 

jeddah metropolis

Namun keberadaan kota Jeddah tidak bisa dilepaskan begitu saja terutama peranan nya dalam menyokong kesuksesan penerbangan haji dan umroh jamaah Indonesia. Jeddah adalahpintu gerbang utama jamaah haji dan umroh dari Indonesia yang mengarah ke kota Suci Mekkah dan Madinah semenjak dahulu kala. Ketika jama’ah haji dan umroh dari mancanegara, termasuk dari Indonesia  berangkat ke tanah suci dengan kapal laut, sampai kini menikmati layanan pesawat terbang.

Jeddah berasal dari kata dalam bahasa Arab Jaddah yang berarti nenek karena disana terdapat makam yang dipercayai sebagai makam Ibu Hawa istri Nabi Adam. Beliau yang adalah nenek moyang manusia. Jeddah ialah kota pelabuhan utama di Arab Saudi baik pelabuhan laut maupun pelabuhan udara. Terletak di ambang Laut Merah dan sebagaimana kota – kota lainnya di Arab Saudi, Jeddah mempunyai Iklim Gurun.

Jeddah sebelumnya hanyalah sebagai desa nelayan pada 2500 tahun yang lalu. Didirikan pada tahun 647 M oleh Khalifah Utsman bin Affan yang akhirnya dipakai sebagai pelabuhan guna kepentingan jamaah haji khususnya pada waktu perjalanan jamaah haji dilaksanakan melaui laut, bukan melewati udara seperti jaman kini.

bandara king abdul Aziz jeddah terminal haji

Sebagai kota dagang, Jeddah memiliki sara pendukung kota yang lumayan memadai. Pelabuhan lautnya adalahpelabuhan utama yang masuk sebagai sentral perniagaan menuju sekian banyak  negara terutama negara-negara di pesisir unsur timur Afrika, serta Yaman. Pelabuhannya adalahpelabuhan bebas.

Di Jeddah ada Bandar udara yang amat terkenal yaitu Bandara King Abdul Aziz yang mempunyai tingkat kegiatan tinggi khususnya pada musim haji. Selain dipakai untuk melayani penerbangan haji, bandara Jeddah dipakai untuk kepentingan komersial biasa di samping Dammam dan Riyadh.

Kota ini sekarang menjadi kota yang paling modern di jazirah Arab Saudi. Ia pun tercatat sebagai kota terbesar pusat perniagaan kedua sesudah ibu kota Riyadh. Tak heran, nyaris di masing-masing penjuru daerah, ada Mall dan lokasi perbelanjaan modern.

balad jeddah

Sebutlah Red Sea Mall, Haifa Mall, Flaminggo Mall, Aziz Mall, Hera Internasional Mall, Serafi Mega Mall, Andalus Mall, Jeddah Mall, Stars Avenue, Mall of Arabia, Center point, Danube Mall (favorit orang-orang Indonesia) dan jutaan Mall lainnya. Sepanjang jalan pun berjejer food court, cafe dan restoran. Seperti KFC, McD, Burger King, Al-Baik, Restoran Malaysia, Filipina, Thailand bahkan Indonesia pun ada. Yang sangat dikenal oleh jamaah umroh dan haji dari  Indonesia khususnya jama’ah umroh dan haji dari biro umroh murah kudus ialah kawasan al-Balad Commercial Corniche Center. 

Berbagai jenis barang dipasarkan disini mulai dari jam tangan, tas, pakaian, jalabiyah, mainan, perangkat elektronik, sampai makanan. Restoran asal Indonesia pun ada disini, salah satunya Garuda Restoran, yang terletak tepat di atas toko Ali Murah.  Setiap bakal kembali ke tanah air, semua jama’ah haji umroh disuruh pihak travel guna berburu oleh-oleh, mulai dari kurma, coklat, kismis dan lain-lain. Hingga tak jarang, dijadikan lokasi bertemu keluarga, atau reuni teman-teman.

Belum lagi tempat-tempat unik di Jeddah pun banyak. Beberapa yang pernah kami kunjungi laksana King Fahd Fountain (air mancur tertinggi di Dunia), Menara dan bendera kerajaan Kingdom Tower, al-Jawharah tower (hotel raksasa jama’ah haji Indonesia), Naseef House (museum), Faqieh Aquarium.

jeddah king fahd fountaint

Yang terpenting dari tersebut semua, jelaslah kedekatannya dengan kedua masjid suci, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Dua kota suci yang menjadi destinasi umat Islam di semua penjuru dunia. Sehingga untuk menunaikan ibadah haji dan umroh kini bukanlah sesuatu yang berat sama sekali. Apalagi jika di hubungkan dengan PAKET UMROH MURAH LANDING JEDDAH 

Adapun Sisi Metropolis Kota Jeddah di samping itu adalah nilai plus yang diperoleh warga negara Indonesia yang tinggal dan bekerja di Jeddah.

Selamat Datang di Syakira Wisata