(0291) 291 2998 kudus@syakirawisata.com

Dahulu Masjid Qiblatain dikenal dengan masjid Bani Salamah. Nama asli masjid ini dikaitkan dengan nama Si empunya rumah yakni Bani Salamah. Rumahnya asli nya telah dipugar guna dijadikan masjid ini. Lokasi masjid berada tujuh kilo meter dari Masjid Nabawi atau di penjuru utara Harrah Wabrah, letaknya di atas suatu bukit kecil.

masjid qiblatain

Masjid ini dulunya sering dipakai oleh Rasulullah SAW dan beserta sahabat untuk mengerjakan ibadah shalat, tetapi pada saat tersebut arah kiblat masih menghadap ke arah Baitul Maqdis yang terletak di Yerusalem, Palestina. Nama selain dari nama Baitul Maqdis ialah Masjidil Aqsha.

Karena keserupaan arah kiblat umat muslim dengan penganut Yahudi dan Nasrani pada masa tersebut kaum muslimin mendapat desakan dari kaum Yahudi yang mengaku bahwa mereka Cuma bisa  mengekor arah kiblat kaum Yahudi. Hal berikut yang memunculkan keresahan dari Rasulullah SAW.

Turunnya Wahyu Perpindahan Arah Kiblat di Masjid Qiblatain

Rasulullah SAW tidak berhenti memohon supaya ada petunjuk membalikkan arah kiblat. Allah membalas doa Nabi Muhammad dengan menurukan wahyu surah Al Baqarah ayat 144. Peristiwa itu terjadi pada tahun ke 2 Hijriyah bulan Rajab pada hari Senin ketika waktu dhuhur (sebagian riwayat mengaku sholat ashar).

Ketika wahyu turun, Rasulullah SAW bersama – sama dengan Sahabat tercinta Nya  sedang menunaikan shalat dengan menghadap pada Masjidil Aqsa, shalat juga sudah dilangsungkan sebanyak 2 rakaat. Setelah wahyu turun, tanpa mengurungkan nita shalat, Rasulullah SAW memindah arah kiblat kemudian yang iringi  oleh sahabat Beliau yang kala itu menjadi makmum. Peristiwa tersebutlah yang menandai evolusi nama masjid tersebut menjadi Masjid Qiblatain.

Dua Arah Mihrab

Penamaan masjid menjadi Qiblatain ini pun berarti dua kiblat. Itulah kenapa sampai detik  ini masjid tersebut memiliki dua arah mihrab yang menonjol yaitu menuju Masjidil Haram di Mekkah dan menghadap Baitul Maqdis di Palestina. Namun guna meminimalkan mihrab yang menuju Masjidil Aqsha, maka bangunan masjid Qiblatain belum lama ini merasakan sentuhan renovasi. Pemerintah Saudi lebih memilih menonjolkan mihrab ke arah Ka’bah di kota suci Mekkah.

Desain ruang mihrab mengadaptasi geometri ortogonal kaku dan simetri. Ciri dari desain ini ialah kubah kembar serta menara kembar. Satu kubah yang menjadi kubah utama ialah penanda kiblat yang mengarah pada Kota Mekkah, yang adalahkiblat yang benar.

 

Sedangkan satu kubah lainnya, yang lebih kecil, ialah kubah yang mengarah pada Masjidil Aqsha, yang difungsikan sekedar mengenang  sisi historis dan mengingatkan makna sejarah masjid tersebut. Terdapat garis kecil yang menyilang yang menjadi tuntunan transisi peralihan  arah Qiblat.

masjid qiblatain madinah

Masjid Qiblatain ialah salah satu lokasi bersejarah sekaligus lokasi ziarah yang menjadi tempat ziarah terfavorit jamaah umroh yang sedang berada di Madinah AL Munawwarah. Tempat ini pun penting dalam sejarah keislaman sebab di lokasi inilah kali pertama  arah kiblat diganti dan menjadi petunjuk arah kiblat sampai sekarang. Oleh Sebab itulah daftar kunjungan ke masjid ini tidak jarang menjadi prioritas utama sebagian besar jamaah haji dan umroh dari segala belahan dunia.

Begitu pula ketika anda dan keluarga memilih biro perjalanan umroh Syakira Wisata cabang Kudus. Di sini Anda bakal diberikan sekian banyak  pilihan unik mengenai tempat bersejarah dalam perjalanan umroh dan haji yang terlengkap.

Salah satu destinasi dalam paket umrah dan haji yang terdapat di Syakira Wisata pun akan mendatangi masjid yang secara legal berkiblat dua ini. Di sini pula Anda bakal mendapatkan informasi secara  menyeluruh yang Insya Allah bermanfaat sebagai oleh – oleh kisah perjuangan Rasulullah ketika berada di tanah suci.

Berbagai persiapan menunaikan  ibadah umroh serta haji akan diberikan panduan dengan baik oleh pembimbing Syakira Wisata. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu tentang paket-paket yang sangat  sesuai dengan hajat dan keperluan Anda, dan termasuk untuk berziarah serta  menilik sisi historis Masjid Qiblatain Satu – Satu nya Masjid Legal dengan Dua Arah Kiblat  ini.