(0291) 291 2998 kudus@syakirawisata.com

Sudah menjadi kewajiban setiap biro perjalanan umroh dan haji untuk menyelenggarakan manasik umroh sebagai bentuk tanggung jawab serta pelayanan terhadap tamu Allah. Disisi lain jamaah umroh pun diharapkan untuk wajib mengikuti kegiatan manasik agar para jamaah memahami peraturan serta tata cara umroh yang sesuai dengan sunnah tuntunan Rasulullah SAW.

Tak hanya pada ibadah haji saja, manasik juga sangat penting dilaksanakan bagi para jamaah umroh sebelum berangkat menuju tanah suci. Oleh karena itu jangan sampai Anda melewatkan kegiatan manasik agar ibadah Anda di tanah suci semakin lancar dan sesuai dengan tata cara yang dianjurkan dalam Islam.

Sebelum mengetahui pentingnya manasik, ada baiknya Anda mengetahui pengertian manasik terlebih dahulu. Manasik merupakan kegiatan pelatihan pelakasanaan ibadah di tanah suci yang diberikan kepada para calon jamaah. Manasik bisa berarti cara beribadah yang dilakukan oleh semua umat beragama, Rasulullah SAW sendiri bersabda :

Di Kabupaten Kudus, Jepara, Pati dan sekitarnya Kegiatan manasik haji ini dilakukan biasanya oleh KBIH atau Kementrian Agama  Kabupaten Kudus, lalu para calon jamaah haji akan dipandu oleh pembimbing ibadah. Sedangkan di dalam pelaksanaan ibadah umroh, pelaksanaan manasik akan dipandu oleh biro travel umroh masing – masing

Semua hal-hal yang berkaitan dengan jamaah umroh kudus akan disampaikan dalam kegiatan manasik mulai dari tata cara pelaksanaan, peraturan, hingga cara memakai kain ihram. Biasanya kegiatan manasik dilakukan dalam beberapa waktu agar jamaah semakin memahami dan bisa melakukannya ketika tiba di tanah suci.

Makna mendalam dalam kegiatan ini adalah agar jamaah umroh maupun haji benar – benar memahami makna dari kegiatan ibadahnya. Sehingga tidak hanya sekedar ikut – ikutan ibadah maupun ikut – ikutan gaya hidup tetangga saja.

Pentingnya Melaksanakan Manasik

Bagi Anda yang belum pernah melaksanakan ibadah haji maupun umroh maka sudah selayaknya mengikuti manasik. Namun bila Anda sudah beberapa kali melaksanakan ibadah haji dam umroh, maka sebaiknya jangan sampai melewatkan kesempatan ini. Selain ibadah Anda di tanah suci bisa memperoleh berkah dari Allah SWT, juga bisa mengetahui keadaan terkini di kota suci Makkah dan Madinah. Berikut ini akan dijelaskan pentingnya melaksanakan manasik yang perlu Anda ketahui.

  1. Jamaah dapat memahami tata cara ibadah

Pada saat manasik para jamaah akan dibekali pengetahuan mengenai hukum, rukun dan sunnah agar kelak ibadah di tanah suci berjalan lancar. Para jamaah juga akan diajak praktik secara langsung ritual yang harus mereka lakukan saat berada di tanah suci.

  1. Mendapatkan pengetahuan tentang kondisi yang sebenarnya di tanah Suci

Kondisi di tanah suci tentu akan berbeda dengan di Indonesia baik dari segi cuaca hingga lingkungan sekitar. Sesi Tanya jawab akan sangat bermanfaat jika muthawwif Anda telah berpengalaman.

  1. Menjadi media untuk bersilaturahim dengan calon jamaah lainnya

Ketika melakasanakan manasik, para jamaah akan berkumpul menjadi satu sehingga hal ini bisa menjadi sarana untuk saling mengenal antar jamaah yang akan berangkat ke tanah suci.

  1. Memahami percakapan ringan dalam bahasa Arab

Para jamaah juga akan dibekali pengetahun percakapan ringan yang sering digunakan oleh jamaah. Khususnya pengetahuan dasar mengenai bahasa Arab yang sering dipergunakan dalam percakapan jamaah haji dan umroh.  Diharapkan dapat memudahkan para jamaah untuk berkomunikasi nantinya.

Itulah penjelasan mengenai pentingnya melaksanakan manasik haji dan umroh yang perlu Anda ketahui. Tak hanya mempertimbangkan seputar fasilitas umroh dan umroh murah saja sebelum melaksanakan ibadah umroh, namun kegiatan manasik juga sangat penting untuk diperhatikan.

Kegiatan manasik yang baik adalah manasik teori dan praktik, diharapkan agar ibadah Anda semakin khusyu’ dan memperoleh pahala dari Allah SWT. Dari sedikit uraian diatas setidaknya terdapat gambaran  ” Ini Lho Pentingnya Melaksakan Manasik Umroh