(0291) 291 2998 kudus@syakirawisata.com

Perjalanan ibadah umroh tentunya sebuah perjalanan suci menuju Mekah dan juga Madinah. Rangkaian ibadah ini tentunya akan berlangsung lebih dari tujuh hari, sehingga membutuhkan persiapan fisik dan mental sebelum berangkat umroh yang matang agar ibadah yang diimpikan berjalan dengan lancar.

berangkat umroh

Lantas apa saja yang mesti dipersiapkan jelang berangkat umroh? Beberapa hal berikut yang umrohkudus.com sajikan mungkin akan cocok untuk menjawab pertanyaan tersebut:

  1. Perlengkapan wajib umroh

Persiapan umroh yang pertama kali dilakukan adalah dengan menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan perlengkapan umroh. Dimulai kain ihram ihram bagi jamaah pria. Kain ini merupakan salah satu syarat sahnya sebuah ibadah umroh. Bawa lebih dari satu kain ihram, tujuannya agar Anda memiliki serep jika kain ihram utama kotor atau rusak.

Sedangkan untuk jamaah perempuan, bisa mempersiapkan kain mukena dengan jumlah lebih dari satu, misalnya 3 atau 4 buah. Jika pakain wajib ini sudah tertata rapi, maka selanjutnya persiapan umroh berlanjut dengan buku-buku petunjuk menjalankan ibadah umroh beserta rangkuman doa-doa yang mesti dipanjatkan. Lebih lengkap jika ditambah dengan tasbih.

 

  1. Perlengkapan pribadi

Barang-barang pribadi meliputi pakaian , alat mandi, dan keperluan pribadi lainnya sangat perlu ditata dengan cermat dalam rangkaian persiapan umroh yang akan Anda jalani.

persiapan umroh

Selain pakaian dan perlengkapan pribadi jangan lupa menyertakan berbagai macam obat pribadi yang perlu dikonsumsi ketik berada di tanah suci. Bagi yang merasa membutuhkan suplemen juga bisa membawanya.

 

  1. Alat perlindungan diri

Satu hal berikutnya yang tak boleh tertinggal ketika persiapan umroh adalah alat-alat perlindungan , misalnya masker atau pelindung panas. Hal ini dikarenakan keadaan di tanah suci dari segi cuaca dan debu akan jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia.  Persiapan matang alat perlindungan diri ini kian menambah fokus dan khusuk dalam beribadah.

 

  1. Alat komunikasi

Hal terakhir yang pasti perlu dipersiapkan adalah alat komunikasi misalnya handphone. Alat komunikasi ini sangat membatu Anda ketika berangkat umroh. Dengan alat komunikasi yang mendukung, Anda akan lebih mudah berkomunikasi dengan rombongan atau juga pembimbing ketika menemui masalah dalam ibadah umroh.

komunikasi umroh

Persiapan umroh berkaitan dengan alat dan operator komunikasi ini juga sangat membatu hubungan Anda dengan keluarga yang ada di rumah.

Berangkat Umroh