(0291) 291 2998 kudus@syakirawisata.com

Masjid adalah salah tempat ibadah umat muslim yang setiap tempat memiliki perbedaan. Perbedaan masjid yang satu dengan masjid yang lain tentunya mulai dari bentuk fisik bangunan, sejarah pembangunan, dan juga karakteristik masjid yang berbeda-beda.

Nah salah satu masjid yang dikunjungi saat umroh atau ibadah haji adalah Masjid Nabawi. Masjid ini  tentunya memiliki keunikan dan juga keistimewaan sendiri. Apa saja fakta tentang Masjid ini, berikut ulasannya.

1.Tempat Pertama yang Menikmati listrik di Jazirah Arab

Jalan-jalan ke Arab sekarang tak sesulit pada zaman dahulu. Banyak sekali agen travel yang menawarkan umroh dengan fasilitas yang cukup baik. Kalau anda memiliki cukup tabungan, anda bisa memilih paket umroh plus dengan seputar fasilitas umroh yang cukup lengkap. Memilih paket murah atau pun paket plus sama saja, yang penting niatannya. Kalau sudah sampai Arab jangan lewatkan ke Masjid Nabawi. Masjid ini adalah masjid pertama yang menerima aliran listrik setelah wilayah Ustmaniyah.

2Ukuran Masjid yang Diperbesar

Sebelum atau Setelah selesai melewati tata cara umroh di kota suci Makkah, anda dapat melihat dan beribadah di Masjid Nabawi yang saat memiliki ukuran 100 kali lebih besar dari yang asli. ini tentunya akibat perkembangan zaman, di mana masjid-masjid semakin banyak jemaahnya dan tak cukup ruang apabila tidak dilakukan renovasi ukuran. Bahkan Masjid Nabawi kini telah tersentuh modernisasi baik di sisi eksterior maupun interior

Dari sisi eksterior kini dapat dilihat setidaknya masjid nabawi telah di lengkapi dengan ratusan payung cantik yang melindungi jamaah haji dan umroh dari sengatan panas matahari. Sedangkan dari sisi interior kini tampilan masjid semakin mewah dan menawan dengan karpet tebal dan pendingin udara. Hal ini tentu saja sangat jauh berbeda dengan tampilan masjid saat dibangun oleh Rasulullah setelah membangun masjid Quba.

(Baca : Di Masjid Quba Pahala Sholat Dua Rakaat sama dengan Satu Kali Umroh )
3. Kuburan Kosong di Ruang Nabi

Dahulu, ruang makan Nabi merupakan kamar tempat Rasulullah SAW beristirahat. Di ruang nabi, ada sebuah kuburan yang belum terisi. Lokasinya sangat persis di sebelah Rasullulah. Tepatnya sangat persis di samping Rasullulah, Abu Bakar, dan Umar bin Khattab. Sebagian besar mempercayai itu adalah makam nabi Isa di akhir zaman. Namun hal tersebut masih sangat diperdebatkan.

4. Pernah Hancur oleh Api

Dulu setelah Rasullulah meninggal, bangunan masjid Nabawi pernah terbakar. Mimbar Rasullulah telah hangus dilalap si jago merah. Pun demikian dengan dinding yang jadi pembatas makam rasullulah SAW sempat runtuh.

5. Tidak ada Kubah

Lebih dari 650 tahun setelah Rasulluah SAW wafat, di atas makam beliau tidak ada kubah. Pada tahun 1290 kubahnya ditambahkan yang terbuat dari kayu. Hal ini dilakukan oleh Kekalifahan Mamluk. Kubah tersebut berwarna hijau.

Ternyata banyak sekali fakta tentang Masjid Nabawi yang kita kenal sangat megah itu. Berziarah ke Masjid Nabawi dimana terdapat makam junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW merupakan salah satu agenda perjalanan jamaah umroh dan haji Syakira Wisata.

Di Masjid ini jamaah akan dibimbing untuk bersama – sama memasuki Raudhah yang merupakan taman dari taman – taman Surga. Mengunjungi tempat – tempat yang berada di masjid nabawi dan tempat berziarah seputar kota Madinah selain menambah pengetahuan kita juga bermanfaat untuk mempertebal keimanan kita dan juga mengharapkan Syafa’at Rasulullah SAW kelak di akhir zaman.