(0291) 291 2998 kudus@syakirawisata.com

Umroh tentu kita semua sudah tidak asing, kegiatan ibadah ke tanah suci ini memang berbeda dengan ibadah haji, meskipun negara yang dituju sama. Arab Saudi. Setidaknya perbedaan itu terletak dimana haji hanya setahun sekali, yaitu pada bulan Dzulhijjah. Umroh bisa dilaksanakan kapan saja. Namun ada banyak sekali tujuan yang bisa dilakukan selama kegiatan umroh.

Umroh kini lebih mudah dilakukan dengan paket  umroh yang sudah dikemas sedemikian rupa oleh biro umroh yang biasanya mempromosikan seputar fasilitas umroh yang semakin variatif. Selain beribadah berikut adalah 4 tempat indah dan bersejarah yang bisa Anda kunjungi saat umroh, selain Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. 4 Tempat ini sudah merupakan “kemasan wajib” dari paket umroh pilihan Anda, yaitu  :

4 Tempat Indah dan Bersejarah yang Bisa Anda Kunjungi Saat Umroh
  1. Gua Hira

Gua Hira tentu tak asing lagi bagi Anda. Terletak di Bukit Jabal Nur, Anda dapat menyaksikan pemandangan kota Mekkah dari ketinggian. Selain bisa menambah wawasan tentang tempat-tempat yang bersejarah, sepanjang perjalanan menuju Gua Hira termasuk wilayah yang bagus untuk mengabadikan momen dengan berfoto ria.

Mendaki Jabal Nur dan menapaki jejak sejarah turun nya Wahyu  Rasululloh di Gua Hira merupakan wisata religi yang saying bila di lewatkan.  Seskipun harus mendaki bukit terjal, tak pelak kita dapat menapak tilas perjuangan Rasulullah dalam menegakkan syariat Islam.

Gua Hira dahulu merupakan tempat Muhammad (Rasulullah SAW) bertafakur. Menyendiri dari kehidupan kota Mekkah yang masih gemar  bermaksiat dan kufur nikmat. Umroh pun akan semakin lengkap bila Anda mendatangi tempat ini.  Yang terpenting Anda akan merasakan arti sebuah perjuangan dan melihat keagungan ciptaan Allah

Baca : Mendaki Jabal Nur Menapaki Jejak Rasulullah di Gua Hira

  1. Jabal Rahmah

Banyaknya travel umroh murah membuat ibadah ini tidak mungkin tidak bisa dilakukan. Kalau ada niat dan mempelajari tata cara umroh, Anda dapat mengunjungi Jabal Rahmah. Bukit ini dipercaya tempat bertemunya Nabi Adam dan Hawa setelah 300 tahun terpisah.

Tujuan dari di dirikan nya tugu ini hanyalah untuk memperingati tempat pertemuan Nabi Adam dan Siti Hawa.  Namun banyak kesesatan di tugu ini. Justru banyak jamaah haji yang tidak mengerti ikut – ikutan memuja tugu ini.

Ritual sesat yang sering dilakukan antara lain mencoret tugu dengan nama keluarga, tanda tangan, menempelkan foto hingga melaksanakan sholat menghadap tugu agar diberikan kelapangan rezeki dan jodoh.

  1. Masjid Quba

Terletak di Madinah, Anda yang sedang umroh wajib menyempatkan diri kesini. Meskipun tidak termasuk dalam sunnah dan rukun umroh, Namun jika anda berwudhu dari rumah (hotel) dan   sholat 2 rakaat di masjid yang dibangun pertama kali oleh Rasullullah pada 1 Hijriah ini memiliki pahala setara dengan pahala satu kali umroh.

Tidak jauh, Lokasinya hanya berjarak 5 km sebelah tenggara dari Masjid Nabawi. Masjid ini biasanya dipenuhi oleh jamaah umroh sejak pagi hari hingga menjelang Sholat Dhuhur. Banyak pedagang kurma di tempat ini, karena daerah ini memang dikenal sebagai pusat perkebunan kurma sejak jaman dahulu

Baca : Di Masjid Ini Pahala Sholat Dua Rakaat Sama Dengan Satu Kali Umroh

  1. Padang Arafah

Terletak 25 km dari kota Mekkah, Anda bisa mengunjungi Padang Arafah. Tempat ini sangatlah  cocok untuk mengabadikan momen yang indah. Anda pun bisa beribadah dan mengagumi sejarah-sejarah Islam.  Tempat ini juga biasanya selain untuk tujuan umroh juga untuk wukuf saat tiba musim haji.

Padang Arafah memang cuacanya panas, sehingga Anda harus siap-siap dengan air minum serta beberapa perlengkapan agar Anda tetap bisa menjaga kondisi tubuh Anda. Karena panas dan gersang itulah Padang Arafah diumpamakan sebagai Padang Mahsyar.

Tempat di atas bisa Anda jadikan referensi saat  jalan-jalan ziarah dan city tour mengunjungi  tempat bersejarah di Arab Saudi. Meskipun cuacanya panas, tentunya Anda bisa selalu untuk menjadikan tempat di atas untuk menambah pengalaman dan pembelajaran.

Baik Umroh atau haji keduanya sama-sama untuk ibadah. Semoga kita menjadi orang yang senantiasa mendapatkan Ridha Allah SWT untuk memenuhi panggilan Allah SWT dalam rangkaian ibadah haji dan umroh